Selasa, 13 Juni 2017


HSB CONSULTANT
“ Kami Tak sekedar Jual Recipe & Bentuk Product ”

PENAWARAN KONSULTAN KHUSUS PENGEMBANGAN USAHA “ MAKE OVER “ BAKERY 
 ( Dari bakery Store / Outlet ke Arah Industrie Bakery Kapasitas Massal )


               Dalam perkembangannya saat ini persaingan usaha bakery dengan konsep MIDDLE-HIGH semakin lama semakin berat bagi pelaku usaha bakery di konsep tersebut,banyak faktor yg mem pengaruhi beratnya persaingan tersebut diantara lain menurut pengamatan dan pengalaman kami adalah disebabkan sbb ;
1.     Harga bahan baku terbaik / berkwalitas semakin hari semakin tinggi ( mahal )
2.     SDM & Upah Karyawan ( Terutama yang Senior ) cukup mahal & banyak tuntutan
3.     Pangsa pasar semakin menyempit karena banyaknya pemain-pemain baru
4.     Bakery baru dimana mana mengusung konsep yg hampir mirip ( bahkan sama )
5.     Segi kwalitas produk yang perlu pengawasan continue serta orang dibagian khusus / QC
6.     Pembajakan Baker/Kasir yg sdh dibina sampai mahir setelah merasa pintar mereka jadi sering menuntut yang tinggi jika tidak disetujui rata rata lompat ke Competitor/pesaing
7.     Research / Pengembangan yg tdk boleh sampai berhenti dan tuntutan untuk mengikutiperkembangan trends pasar yang terjadi membuat segi profit otomatis semakin berat.
8.     Kekuatan utama bertumpu pada kekuatan modal,jika tetap ingin bertahan maka biaya yang dikeluarkan untuk operationalnya otomatis semakin tinggi.

                Dari temuan-temuan yang HSB Consultant utarakan diatas.maka,HSB Consultant berkomitmen untuk menjadi solusi dari situasi tersebut dengan menawarkan JASA KONSULTAN MAKE OVER secara revolusioner dibanding jasa-jasa Konsultan bakery lain yang mungkin pernah anda pergunakan atau bahkan sampai saat ini anda pergunakan jasa nya.
Jika dengan Konsultan-konsultan bakery pada umumnya yang rata-rata hanya menjual Recipe,jenis Product dan mungkin ada yang memberikan sistem operational nya ( Trainee dll )
menggunakan jasa Kami berbeda dari sistem dan cara kerja konsultasinya dengan mereka. Bersama HSB Consultant perubahan harus segera dilakukan jika tidak ingin usaha bakery anda semakin berat dalam menjalankan roda operationalnya dan dalam persaingan ketat saat ini.

Untuk mengarah kesana sebagai bahan pertimbangan sekilas maka kami sampaikan beberapa point-point penting untuk memutuskan menggunakan atau bekerja sama dengan HSB Consultant. ( Untuk anda dan usaha anda yang sudah berjalan mungkin investasi untuk Make Overnya tidak terlalu besar,hanya melengkapi saja yang kurang-kurang / Menyesuaikan ) berikut yang perlu anda ketahui dan bisa menjadi reverensi awal buat anda dan usaha anda :


TAHAPAN UNTUK MAKE OVER 
DIPERLUKAN HAL-HAL SBB :

1. CENTRAL KITCHEN / PABRIK & GUDANG : 
  • Oven industrie convaire / rotary skala kapasitas < 25 Menit dengan hasil > 270 Pcs ( Reverensi pengadaan bisa kami bantu dengan perancang yang sudah ahlinya,ini jika anda tidak sanggup membeli oven convaire / rotary jadi yang memang cukup mahal )
  • Mesin otopack shiller ( Bisa bertahap tidak urgent,ada juga model semi otopack kecil )
  • Proofing / steam room ( Merancang sendiri tidak perlu beli jadi,karena pasti mahal )
  • Cooling room ( Merancang sendiri tidak perlu beli jadi,karena cukup simple )
  • Rack colling waire ( Merancang sendiri tidak perlu beli jadi,karena cukup simple )
  • PPIC sistem & Programnya / Software ( Bertahap tidak urgent,reverensi bisa dari kami )
  • Bahan baku tidak perlu pusing cari yang Mahal / Berkwalitas tinggi,yang penting enak,layak konsumsi dan tidak menyalahi BPOM / DEPKES & MUI.
  • Kendaraan delivery untuk proses pengiriman product ke cabang / market product ( Sangat dibutuhkan sebagai alat memperluas market product ke pelosok-pelosok )


2. STRATEGI MARKET & SALES : 
    Sistem market product ( pangsa pasar untuk menjual hasil produksi ) dengan sistem / cara:
  • Sewa ruko & atau toko biasa tak perlu besar,fokus utama bisa display layak serta rapih
  • Mobil toko atau bisa disebut “BILKO” dan Trycycle ( Gerobak motor keliling )
  • Team Order ( T.O ) & Team Leader ( TL ) dengan fokus dan sasaran target kerja Hotel,Cafe,Kantin,Travel,Minimarket,Pusat oleh-oleh,Tempat Wisata,Terminal Umum,dll
  • Segment low project ( Titip jual / bukan toko sendiri ) : warung2 Kopi,Pasar,toko kelontong burger K5, Roti bakar K5,Es Campur K5,Travel,Kantin – dll
  • Target / Sasaran pada segment :
1.     High-Premium  //  Contoh ; BreadTalk,BreadStory,BreadLife,Holland-dll
2.     Middle High-Low  //  Contoh ; Citra kendedes,Kampoeng Roti,Dhea Bakery,Tiroti,Sari bakery,Newyork bakery-dll
3.     Low-Massal-Industrie  // Contoh ; Ramayana,Phoniex,Hidayah,Sari Roti,Mr.Bread,Swanish bakery,Sharon Bakery,Prime Bread-dll
4.     Snack&Cookies  //  Contoh ; Titip jual product ke Malang Strudel,Apel Strudel-dll

3. SEGMENT VARIAN / VARIASI PRODUCT : 
    ( Bermain disemua / disegala seghment product bakery )
  • High/Premium Bread,Toast,Loaf,Pastry,Danish,Item oleh oleh,Cookies ( Jika sudah ada tinggal mengembangkan / memperbaiki dan menyesuaikan saja )
  • Middle High Roti,Donat,Tawar,Cake,Roti/Kue Khas Oleh-oleh ( Jika sudah ada tinggal mengembangkan / memperbaiki dan menyesuaikan saja )
  • Low / Massal / Industrie : Roti,Tawar,Donat,Snack,Kulit Burger/Hotdog/Pizza ( Pengembangan CK dari yang telah berjalan dengan melengkapi kebutuhan sarana & prasarana yang belum ada / belum lengkap )

4. SEGI KELEBIHAN MAKE OVER : 
  • Pangsa pasar bakery anda akan semakin luas dan tanpa batas
  • Kapasitas produksi akan semakin besar sesuai kebutuhan & permintaan sewaktu waktu
  • Efisiensi SDM akan tercipta sendirinya & tanpa tergantung dg Baker/Chef/Tenaga Ahli yang pastinya biaya dikeluarkan tidak sedikit dan tidak sekali saja
  • Daya beli pelanggan dapat terjangkau luas tanpa batasan Usia dan Status sosial dan tentu saja ini prospek untuk jangka yang sangat panjang
  • Market product bisa menjangkau sampai luar wilayah / daerah & sampai pinggiran kota
  • "Branding Merk" akan cepat dan lebih dikenal ditiap Kota,Kecamatan & Pedesaan
  • Profit tentunya akan semakin besar dikarenakan konsumsi dan permintaan juga besar
  • Tidak terlalu terfokus sama merk & kwalitas bahan baku yg mahal sehingga efisiensi juga pastinya di dapat dari keputusan mengambil planing project ini.
  • Tidak mengandalkan produk & strategi penjualan yang telah dipakai Toko/Store/Outlet bakery dengan segment Middle-High maupun Premium Bakery.
  • Strategi market yang sangat ampuh yaitu “ Jemput bola “ / semakin mendekat dengan pembeli (Inilah kecenderungan pembeli dijaman saat ini, Contoh Indomaret & Alfamart).

5. SEGI KELEMAHAN MAKE OVER : 
    ( Selalu ada kelebihan pasti ada kelemahan / Plus – Minus, Kami transparan )
  • Tidak bisa dikawal oleh orang yg hanya pengalaman pada usaha bakery seperti pada umumnya ( Konsultan Khusus Industrie bukan konsultan bakery biasa )
  • Memerlukan area produksi yang bebas atau ukuran luas dan layout yang longgar. ( Bisa dikondisikan,bukan berarti harus seperti pabrik dengan sewa gudang besar )
  • Tata kelola operational seperti atau meniru industrie/tidak seperti mungkin yang saat ini anda jalankan di usaha bakery anda ( Perlu penyesuaian & Perubahan sistem )
  • Butuh mess karyawan karena dominasi karyawan akan diambil dari pedesaan atau pinggiran kota karena rata rata meraka tidak banyak tuntutan kalau bekerja. ( Sebagai langkah efisiensi pengeluaran pembeyaran Upah / Gaji )
  • Investasi memang besar jika anda baru memulai,untuk yang sdh punya usaha bakery dan area produksinya luas hanya perlu menyesuaikan saja.ibarat anak yang sudah bisa berdiri tinggal bagaimana cara cepat kita untuk bisa berlari.
  • Investasi akan bertambah ( Perombakan,mesin baru dan segi perubahan konsep nya )


Segera hubungi kami jika anda tertarik dengan penawaran jasa ini .......

1 komentar: